Senin, 06 April 2009

Blast From the Past: The Birthday Party (part 2)



Setelah merekam 6 lagu untuk album pertama pada satu studio, mereka malah tidak senang dengan hasilnya dan merekam side kedua enam bulan kemudian pada studio yang berbeda dengan produser Tony Cohen dan dari itu menambah gitaris Rowland S Howard. Rowland juga menciptakan classic hits ‘Shivers’. Setelah rilis dari ‘Door Door’ di klab Mushroom, The Boys Next Door berpindah ke label indie Missing Links Records untuk mini-album ‘Hee Haw’ tahun 1979 dan ikut manajemen pemilik Missing Links, Keith Glass (ex Cam Pact).

Kontak internasional Missing Links sebagai importir rekaman dan distributor juga label rekaman "butik" memungkinkan grup ini merencanakan karir internasional. Pada malam keberangkatan mereka ke Inggris mereka juga memutuskan mengubah nama mereka , dan meresmikannya dengan rilis single yang identik dengan pergantian namanya ‘Happy Birthday’. Kopi rekaman diberikan pada panggung perpisahan band ini pada Melbourne’s Crystal Ballroom bulan Februari tanggal 16, 1980. Pergantian nama mereka ke Birthday Party dan meluncurkan mereka ke masa inovasi dan penciptaan musik agresif. Mereka bermukim di Loncon, dengan perjalanan kembali ke Australia dan tour sepanjang Eropa dan AS. Sebelum pindah ke Jerman Barat pada 1982.

Di samping permainan yang nyaris tanpa panduan, vokal Cave menjangkau dari pasrah ke mengancam sampai kehilangan akal. Kritikus telah menuliskan bahwa "Bahkan John Cale atau Alfred Hitchcock tidak pernah semencekam ini ," dan bahwa Cave "tidak begitu bernyanyi karena ia mengeluarkannya dari dalam perutnya. Walaupun Cave berpanutan pada pionir rock and roll terdahulu; khususnya Iggy Pop dan Alan Vega dari suicide, nyanyiannya dengan Birthday Party tetap powerful dan khas.

Phil Calvert dipecat pada 1982; ia dilaporkan "tidak bisa memecahkan irama pada lagu 'Dead Joe' untuk kepuasan semuanya" , dan Harvey pun pindah ke drum. Ketika Tracy Pew dipenjara untuk mengemudi dalam keadaan mabuk dan aksi pengutilan juga pada 1982, Barry Adamson dan beberapa lainnya menggantikannya pada sesi rekaman dan pertunjukan . Tracy Pew bergabung kembali, namun meninggal beberapa tahun kemudian saat serangan epilepsi kronis.

Pada 1982 proyek sampingan dengan Lydia Lunch, Honeymoon In Red, merekam sebuah album yang pada akhirnya dirilis pada 1987. Harvey dan Cave dilaporkan tidak begitu puas dengan hasil mixing dan overdubbing yang keluar setelah keterlibatan mereka, sehingga mereka ingin nama mereka dihapus dari daftar nama kolaborator/liner. Howard dan Pew nampaknya tak berkeberatan dengan pencantuman nama mereka.

Pada 1983 Blixa Bargeld band jerman Einstürzende Neubauten memainkan gitar pada track "Mutiny in Heaven", ketegangan antara Cave dan Howard mulai terlihat meruncing. The Birthday Party bubar pada tahun 1983, karena perbedaan antara Cave dan Howard, dan pekerjaan dan juga kelelahan yang berhubungan dengan narkotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggal komentar,ciuman,sentuhan dan Paksaan!!!