Rabu, 01 April 2009

friendzinesby: Blast From the Past: THE BIRTHDAY PARTY





1980, pasca kematian ikon terpenting musik punk/post-punk di manchester,banyak bermunculan band2 yang sejenis,mengedepankan beat krautrock dan disco, dengan lirik gelap,tentang kebobrokan dunia ataupun masalah cinta yang tak kunjung usai.Band - band tersebut antara lain: Section 25,Wire,The Chameleons,Gang Of four,Magazine,The Fall,Pere Ubu,Polvo,The Sounds,dll.

Adapun di suatu benua nun jauh disana,tersebutlah sekelompok anak muda dari suburban Melbourne, Australia yang bersekolah bersama di Culfield Grammar School,di tahun 1973 membentuk rock band dengan anggota Nick Cave (vocals), Mick Harvey (guitar), and Phill Calvert (drums), dengan murid lain pada guitar, bass and saxophone. Kebanyakan adalah anggota paduan suara sekolah. Band ini bermain dengan nama berbeda dan fungsi berbeda di tiap kesempatan acara dengan pre-punk repertoire dari David Bowie, Lou Reed, Roxy Music, Alice Cooper dan the Sensational Alex Harvey Band diantara lainnya.



Setelah tahun terakhir mereka pada tahun 1975 band ini memutuskan melanjutkan dengan teman mereka Tracy Pew sebagai pembetot bass. Dengan pengaruh kuat dari ledakan global punk pada 1976 yang menelurkan band Australia seperti The Saints and Radio Birdman membuat rekaman pertama dan tour - tour,The Boys Next Door, setelah sekarang mereka disebut mulai menampilkan nomor punk dan proto-punk cover version, seperti "Blitzkreig Bop" dan "Gloria", dan beberapa materi asli. Sejak November 1977 set mereka didominasi oleh materi new wave original yang cepat seperti "Sex Crimes" dan "Masturbation Generation"



Rowland S. Howard bergabung di 1978, pada saat ini pula, gaya bermusik mereka pun berubah.Penambahan permainan gitar Howard sungguh sebuah katalis ( penggunaan feedback audio pada gitar kelak akan menjadi ciri khas group ini) Namun ada perubahan lainnya yaitu: sound mereka mulai bervariasi tak sekedar punk namun, rockabilly, free jazz dan blues paling mentah, dan bias dalam kategorisasi. Banyak lagu didominasi bassline repetitif dan menonjol dan irama drum yang seperti Gene Krupa(seorang drummer american jazz pada tahun 50an dan komponis) yang marah. Walaupun band ini sangat sering berlatih, instrumentalis band ini sering terdengar seperti akan pingsan, kualitas ini mempertajam mania baru dari gaya bernyanyi Nick Cave's dan lirik ekspresionisnya. Producer/engineer Tony Cohen ternyata seorang yang cocok dan berkemauan atas eksperimentasi mereka dan penolakan mereka atas mengulangi lagi dan manajer Keith Glass juga ternyata antusias sekali sebagai tulang punggung ekonomi. Label Glass yaitu Missing Link Records merilis semua dari rekaman awal Birthday Party.

Bagian 1 habis

S.A Abu Jammal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggal komentar,ciuman,sentuhan dan Paksaan!!!