Minggu, 12 Juli 2009

Spirit Of Freedom - Comic Exhibition



Host: Endy Lukito
Type: Music/arts - Exhibit
Network: Global
Start Time: Saturday, 20 June 2009 at 18:30
End Time: Monday, 20 July 2009 at 22:00
Location: bRawn cafe
Street: Lt. I-II Jl. Komplek Ruko Nginden Semolo 101
Town/City: Surabaya, Indonesia
Phone: +6281330211207
Email: endy_1605@yahoo.co.i

“ SPIRIT OF FREEDOM “
Kecil art studio bekerjasama dengan, bRawn café merupakan kali pertama kami menyelenggarakan pameran komik, yang bersifat alternatif dari bentuk, media, juga ruang yang kita pakai. Tujuan di adakannya pameran ini adalah untuk menunjukkan kepada publik luar akan keberadaan dan perkembangan seni rupa “komik” di kota Pahlawan. .
Cerita awal pameran komik di bRawn café adalah mengangkat tentang sosial yg terjadi di lingkungan terdekat kita, ataupun juga lingkup secara luas “nasional”. Tema yg diangkat "Spirit Of Freedom". Dengan makna apa saja “kebebasan” yg ada di sekitar kita,seperti apa kebebasan itu seharusnya dijalankan, dan menyoroti kebebasan yg kebablasan, juga pada akhirnya merugikan diri sendiri,terutama orang lain.

Rasanya hal diatas, juga masih terkait dengan masalah-masalah sosial saat ini..Budaya-budaya sosial masyarakat, semakin mengalami ketidak jelasan-tentang batasan, memandang dari kebiasaan hitam maupun putih masyarakat kita. Terkadang juga paradigma yang salah kaprah, yang kita lihat secara langsung atau dari media, begitu saja dari kami, mudah-mudahan maknanya bisa mudah diterima dan dituangkan dalam bentuk komik oleh kawan2 para partisipan Perupa dari Surabaya maupun dari kota lainnya, seperti Andy Sulistiono alumni UNESA, Perupa asal pacitan juga sebagai pengajar di kota Kertosono, yang masih aktif pameran di Surabaya sampai sekarang. Karya Andy banyak mengusung masalah sosial masyarakat. Kegelisahan diri yang banyak di gambarkan melalui lukisan dan kental dengan unsur-unsur komik pada karya-karyanya. Arif C Tamam, juga alumni Unesa, asal Madiun salah-satu perupa Jawatimur yang eksis di Surabaya. Karakter-karakter mengerikan namun dikemas menjadi menarik dan terkesan ringan ”humoris” dia mainkan, di dalam lukisan maupun komik, berbeda dengan Ariyasa, Mahasiswa ITS eksis di permainan 3d karakter, pada pameran ini mengusung karya komik berbentuk diorama. Bayu ”UBAY” mahasiswa angkatan 2006 Unesa, aktif dalam kegiatan komik, grafity, mural, dan kali ini keberanian memunculkan karya komik diatas tumpukan kardus, dengan permainan teknik semprot ”stencil”yang diolah menjadi sebuah patung. Broky, komikus asal Surabaya, aktif di komunitas komik Outline yang lebih sering membuat komik dengan karakter dirinya dengan cerita yang berhubungan kental kehidupan sosial lingkungan sekitarnya. Eko Wahyudi, Mahasiswa UNESA yang menamakan dirinya ”bukan seniman-bukan desainer” aktif juga di komunitas outline, ide-gagasan ringan sering dipakai dalam karya-karyanya dalam berbagai media. Endy Lukito, perupa Surabaya aktif dalam kelompok kecil art studio, dia kerap menghadirkan karya lukis dengan karakter yang selalu berbeda, dan dalam pameran kali ini dia menghadirkan karya berbeda dalam bentuk komik. Icha Dechapoe Graphic Designer dengan karya grafis yang menonjolkan cerita dalam kombinasi bentuk dan warna, Serupa tapi tak sama dengan Layin, perupa Surabaya yang tertarik merespon tokoh-tokoh dunia yang di jadikan subjek cerita humor dalam karyanya. Maria Goretti, Perupa wanita satu ini cenderung sering merespon kisah hidup pribadi, yang dirasakannya dan di kemas dramatis dalam karya ilustrasi dan komik. Dalam lingkup wanita, demikian tentang Nani Puspasari, Wanita muda yang masih meneruskan sekolah di Australia, tetap eksis dengan dunia desain dan komik. Cerita-cerita dari karyanya mengkisahkan tentang fiksi sosial. Berbeda dengan X-go, pemuda yang aktif dalam Studio Bunuhdiri nya ini,dalam karyanya sangat tertarik untuk merespon kehidupan sosial, dituangkan dalam bentuk komik yang ekspresif, komunikatif. Yudis, Ilustrator media ini aktif di Studio Outline dengan karya-karya komiknya.Dalam karyanya juga beribicara sosial tetapi dikemas dalam komedi karikatur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggal komentar,ciuman,sentuhan dan Paksaan!!!